Sukses Kelola Keuangan Usaha

Posted: 23 November 2011 in Motivasi, Tulisanku
Tag:, , , ,

Sebagian besar orang berpikir bahwa menjadi pengusaha adalah pekerjaan yang paling enak. Bagaimana tidak? Kita dengan leluasa mengatur waktu dan keuangan kita.

Namun… apakah itu dialami semua pengusaha??? Ternyata tidak, ko bisa sih???

Beberapa orang yang baru memulai usaha merasa ko uang hasil usaha tu cepet habis, ko keliatannya dikit padahal waktu itung-itungan awal harusnya untung besar padahal dah menghabiskan banyak waktu???

Ternyata salah satu kendalanya adalah kurang cerdasnya kita sebagai pengusaha untuk mengatur keuangan bisnis kita. Berikut ini beberapa kiat-kiat agar pengusaha sukses dalam mengelola keuangan usahanya;

  1. Yang pertama tentunya kita mesti pisahkan keuangan usaha dan keuangan pribadi. Terutama untuk para pemula dan berbisnis, mulailah untuk memisahkan pemakaian uang usaha dan uang pribadi.
  2. Menentukan pembagian prosentase keuangan usaha. Misalnya kita mesti dah tentukan prosentase keuntungan yang akan diambil, prosentase uang untuk pengembangan usaha, dan pembagian-pembagian yang lain
  3. Meminimalisir menggunakan utang untuk modal usaha. Usahakan untuk menghindari hutang dalam usaha, terutama dari bank.
  4. Catat setiap transaksi pemasukan dan pengeluaran. Usahakan kita mencatat setiap transaksi usaha yang kita lakukan setiap hari, misalnya kita catat dulu di hape beberapa transaksi siang ini kemudian malamnya kita rekap dengan rapi.
  5. Membuat laporan keuangan setiap bulannya, cukup yang sederhana saja dari kumpulan-kumpulan transaksi pada bulan itu jika usahanya masih usaha kecil
  6. Yang paling utama adalah kita bersedekah setiap hari. Anggarkan dari laba yang kita dapat untuk berinfaq setiap hari. Sebagai mukmin mestinya mengetahui bahwa harta kita sesungguhnya adalah yang kita infaqkan, dan yakinlah keberkahan usaha kita adalah dengan berinfaq

Demikian tips-tips yang bisa disampaikan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya, semoga bermanfaat. Pada akhir tulisan ini saya sampaikan doa;

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu daripada ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, jiwa yang tidak tenteram, dan doa yang tidak dimakbulkan.”

Iklan
Komentar
  1. kartika windyaningrum berkata:

    Jazakallohu khoiron atas tips2nya.

  2. ikhsan berkata:

    mantabz bang, pengalaman “gw banget ni”…
    http://www.unifarm.us

  3. wulan inoueshen berkata:

    assalamu’alaikum,, maaf ana lg mencari t4 bimbingan belajar baasa arab,, bole ana minta alamat beserta nmr telp nya,, jazakallah,,dan untuk akhwat ada ga ya? maaf y komentarnya nyasar kesini.. kalo msh ada info tolong sms ke nmr saya 02192075361

    • Hasan berkata:

      wa’alaikumussalam wa rohmatullah
      afwan ru bales krn dah lama gk cek blog, afwan mungkin informasinya bs ke radiorodja.com 756am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s